00 55 22 66
info@mschool.com
Padang, Sumatera Barat, INA. 11001
blog-img
26/03/2021

Studi Terbaru Sebut Antibodi COVID-19

admin | blog

Jakarta - Jurnal medis The Lancet menyebut, sekitar 40 persen pasien positif COVID-19 di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah, memiliki antibodi yang dapat menawarkan perlindungan agar tak tertular kembali oleh virus Corona setidaknya selama sembilan bulan.

Menurut studi itu, tingkat kemunculan kasus positif COVID-19 yang dilakukan di Wuhan, kota yang sempat terdampak paling parah oleh virus itu, hanya mencapai 6,9 persen, yang mengindikasikan bahwa hanya sebagian kecil dari populasi Wuhan yang tertular COVID-19 usai merebaknya epidemi itu.

"Menilai proporsi populasi yang telah tertular COVID-19 dan mereka yang kebal menjadi krusial dalam menentukan strategi pencegahan dan pengendalian yang efektif untuk mengurangi potensi merebaknya kembali pandemi itu di masa mendatang," tutur Wang Chen, penulis utama artikel tersebut sekaligus Presiden Akademi Ilmu Kedokteran China dan Peking Union Medical College.

Dikutip dari laman News CGTN, survei seroprevalensi jangka panjang pertama di Wuhan, peneliti menguji antibodi COVID-19 pada 9.500 penduduk usai kebijakan karantina wilayah di kota tersebut dicabut pada April 2020 lalu. Tes sampel darah juga dilakukan pada Juni serta pada bulan Oktober dan Desember untuk memeriksa apakah antibodi itu ada.

Studi-studi terdahulu di banyak negara menunjukkan bahwa populasi yang telah tertular COVID-19 yang dihitung berdasarkan tingkat kasus positif antibodi serum jauh lebih tinggi dibandingkan kasus penularan sebenarnya.

Studi baru itu menunjukkan bahwa kemungkinan hal ini sebagian besar disebabkan oleh orang yang tertular COVID-19 bersifat asimtomatik (tanpa gejala), tidak menjalani tes Corona, atau dirawat karena memiliki gejala infeksi yang ringan.

Selain itu, ditemukan bahwa antibodi pada pasien asimtomatik lebih rendah dibandingkan pada pasien terkonfirmasi COVID-19 dan kasus asimtomatik dalam studi tersebut.

Studi ini menggarisbawahi pencapaian luar biasa dalam sistem kesehatan masyarakat China dalam mengendalikan wabah COVID-19 di Wuhan ketika pengujian, pelacakan, dan sumber daya perawatan belum berkembang.

"Ini menjadi tonggak penting dalam deskripsi penularan SARS-COV-2 dan pemahaman kami terkait kekebalan di masa pandemi COVID-19," tulis Richard Strugnell, seorang pakar mikrobiologi dan imunologi terkemuka dari Institut Doherty Australia.

 

Bagikan Ke:

Populer