PENGARUH KOMPETENSI TENAGA KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RANOTANA CAFE HOTEL GRAN PURI MANADO

Authors

  • Alvin Anita Wagiu Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata
  • Agustinus Walansendouw STP Manado
  • Sonny Wijanarko STP Manado

Keywords:

kompetensi, tenaga kerja, kualitas, pelayanan, hotel grand puri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengukur sejauh mana kompetensi tenaga kerja mempengaruhi kualitas pelayanan ; 2) Menganalisis seberapa besar pengaruh kompetensi tenaga kerja terhadap kualitas pelayanan ; 3) Menjelaskan hal-hal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif, sedangkan pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, survey, dan document. Metode pengambilan sampel diambil secara random sampling yakni mengambil secara acak dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dimana variabel (X) kompetensi tenaga kerja dan variabel (Y) kualitas pelayanan dengan persamaan Y=a+bX dan analisis koefisien korelasi untuk melihat besar kecilnya atau kuat lemahnya hubungan anatara variabel (X)  dan variabel (Y). Hasil akhir penelitian setelah dilakukan perhitungan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 18,2 + 0,61X menunjukan bahwa setiap pertambahan satu unit variabel (X) kompetensi tenaga kerja akan menyebabkan pertambahan variabel (Y) kualitas pelayanan sebesar 0,61 demikian sebaliknya.

Koefisien determinan r² = 0,81 atau sebesar 65,61%. Hal ini menunjukan variasi variabel kualitas pelayanan yang disebabkan oleh Tenaga Kerja sebesar 65,61%. Sisanya adalah 34,39% faktor lain yang tidak diamati yaitu kurangnya peralatan makanan dan minuman, kurangnya keanekaragaman menu yang disajikan, serta kurangnya komunikasi dan kepedulian pimpinan.

 

 

 

Downloads

Published

2022-05-31